DIRGAHAYU RI KE-70 DINAS KESEHATAN BERSAMA RSUD OKSIBIL, TNI DAN POLRES KABUPATEN PEGUNUNGAN BINTANG MENYELENGGARAKAN PENYULUAN TENTANG BAHAYA HIV/AIDS DAN NARKOBA DI BEBERAPA DISTRIK

foto: Jeremias Tapyor
foto: Jeremias Tapyor

Memasuki bulan Agustus, masyarakat Indonesia pada umumnya mempersiapkan diri dan menyelenggarakan berbagai bentuk kegiatan dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-70. Pada umumnya dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI, masyarakat di setiap daerah tentu memiliki caranya tersendiri. Kabupaten Pegunungan Bintang melalui perangkat pemerintahanya melalui Dinas Kesehatan, RSUD, TNI dan Polres Pegunungan Bintang ternyata telah menginisiasi program  pemerikaaan masal, pemerikasaan balita, pemeriksaan penyakit malaria, sifilis, HIV/AIDS dan lain-lain, serta pelakukan penyuluan akan bahayanya narkoba di masyarakat yang berada di beberapa distrik. Hal ini dikabarkan oleh bapak Jeremias Tapyor Amd,Kep. Kabid P2PL di Dinas Kesehatan yang juga turut menyukseskan program mulia ini. “ Jadi kegiatan yang kaka kami buat ini adalah dalam rangka memperingati Hut kemerdekaan RI yang ke 70”. Katanya melalui pesan singkat via facebook.

     Inisiatif yang diambil atas kepedulian bersama ini tentu berangkat dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya momen hari ulang tahun kemerdekaan RI sebelumnya dirayakan pada saat tiba tanggal 17 Agustus sampai tanggal 18. Hal itu menurutnya tidak akan maksimal dalam menyelenggarakan program penyuluan, pemeriksaan, pengobatan dan lain-lainnya. Karena kegiatan penyuluan, pemeriksaan, pengobatan dan pelayanan kesehatan masyarakat jika dilakukan pada saat puncak penyelenggaraan hari ulang tahun RI maka, masyarakat tidak merasakan proses pelayanan tetapi masyarakat yang dilayani menikmati dan penghayati pelayanan itu sebagai keterlibatannya dalam merayakan HUT RI. Sehingga masyarakat tidak pernah akan merasa dilayani tetapi merasa turut merayakan HUT RI itu.

     Berangkat dari berbagai pengalaman demikian, Sekretaris Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang memberikan mandat kepada Dinas Kesehatan, RSUD, TNI dan Polres Kabupaten Pegunungan Bintang melakukan penyuluan dan pelayanan kepada masyarakat. “tahun ini kami sengaja kemas sperti itu karena tahun ke tahun selalalu hanya berpusat di satu titik yaitu di ibukota kabupaten saja. itupun hanya terbatas”, tulisnya. “itupun pada saat pameran dan saat kawal upacara bendera. Kegiatan ini adalah ide Sekda baru. karenah beliau perihatin dengan melihat kondisi dimana angka peningkatan kasus HIV yang kian meningkat tajam di Peg. Bintang, serta peningkatan peredaran ganja yg semakin menjamur di kalangan masyarakat, terutama kalangan mudah-mudih, serta adanya peningkatan kasus orang sakit akibat tenaga kesehatan yang kurang dan kalaupun ada sering tidak di tempat. Oleh karena itu sengaja kami kemas agak bedah dari tahun-tahun sebelumnya”, sambung pegawai Dinas Kesehatan yang juga putra Abikbor ini melalui cat room facebook sekitar pukul 02:00 WIB kepada pengelola media .

     Kerja sama antar institusi pemerintah yang terbagun melalui kegiatan mulia ini patut dicontohi oleh semua pihak termasuk komunitas masyarakat yang berwenang. Menanggapi kegiatan ini, melalui akun facebooknya kepala distrik Oksop Adreas Tapyor mengomentari sebuah tautan foto kegiatan didinding akun facebook milik kerabatnya bapak Jeremias Tapyor Amd,Kep. Kabid P2PL di Dinas Kesehatan menyatakan bahwa kegiatan penyuluan tersebut sangat positif dan perlu dicontohi oleh semua pihak yang berwenang. “saya rasa hal semacan ini tindakan positif, namun jgn abaikan upaya” strategis lainya spti, pengobatan massal, posyandu dll. Tulis komentarnya. Menangapi komentar putra Ok Sopbang ini, Jeremias Uropmabin yang juga rekannya menyatakan bahwa kegiatan penyuluan dibaringi dengan program pengobatan masal dan penimbangan berat badan bayi“. Penyuluhan itu hanya selingan sbelum pengobatan Masal dan penimbangan bayi balita, balasnya. Selanjutnya bapak Andi sapaan akrab Adreas Tapyor merespon positif hal itu, “ luar biasa Abang, program sprti ini senantiasa ditingkatkan, krn pelayanan seprti ini kita msh integrasi dgn kab. Jayawijaya ada sehingga angka kematian relatif sedikit dibanding angka kelahiran. lantas sesudah ada pemekaran mjdi kab. sendiri, tdk pernah ada pelayanan kesehatan secara kontinyu sehingga angka kematian lebih mendominasi dibanding angka kelahiran.(-)”” Tujuan lain adalah sengaja kami pake moment ini untuk pecarian/pelacakan kasus baru Hiv malaria dan sifilis….” tulisnya.

     Dengan melihat beberapa hal yang akan menjadi perdebatan publik Pegunungan Bintang terkait dengan timing penyelenggaraan kegiatan ini bertepatan dengan agenda pemilukada dan agenda HUT RI-70, pihaknya membenarkan bahwasanya akan ada kesan miring dari publik bahwa kegiatan ini bersifat seremonial. Namun melalui pesan singkatnya bapak Jeremias menekankan agar publik melihat dan memahami manfaat yang akan diperoleh melalui kegiatan ini. “Memang dirasa kegiatan ini hanya bersifat ceremonial belaka tetapi manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat yg dilayani”, tulisnya.

     Kegiatan ini rencananya akan dilakukan dibeberapa distrik yang berdekatan dengan ibu kota kabupaten. Menurut laporan yang kami terima dari sumber yang sama, pihaknya telah melakukan penyuluan, pengobatan massal, dan pemeriksaan balita baru terselenggarakan di Distrik Serambakon dan Distrik Ok Aom. Sementara itu yang dijadwalkan akan terlaksana adalah di Distrik Iwur dan Kalomdol. “ Kami sudah menjadwalkan beberapa distrik yang bisa dijangkau. antara lain : Kalomdol dan Iwur, yang sudah Serambakon dan Ok Aom, Demikian adik” katanya seperti yang dikirim melalui inbox facebook. (zacyoc**)

Iklan

Satu pemikiran pada “DIRGAHAYU RI KE-70 DINAS KESEHATAN BERSAMA RSUD OKSIBIL, TNI DAN POLRES KABUPATEN PEGUNUNGAN BINTANG MENYELENGGARAKAN PENYULUAN TENTANG BAHAYA HIV/AIDS DAN NARKOBA DI BEBERAPA DISTRIK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s